TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK/BERMASALAH

TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK/BERMASALAH


CDI  MOBIL

Sekilas info tentang CDI:

CDI : CAPASITIVE DISCHARGE IGNITION



CDI DELCO/DELKO MOBIL TIMOR SOHC KARBURATOR 626 CAPELLA
CDI DELCO/DELKO MOBIL FORD LASER MAZDA 323 ELITE 323 TRENDY KARBURATOR

Pada prinsipnya CDI memanfaatkan sebuah sensor yang akan aktif apabila di trigger atau di pantik oleh sesusatu, dalam hal ini sensor akan aktif oleh dadu yang ada di tengah DELCO/DISTRIBUTOR  kita. Salah satu jenis sensor yang sering digunakan adalah sensor Hall/Sensor Camshaft ( SENSOR CMP ).

Sensor Hall/Sensor Camshaft ( SENSOR CMP )  memanfaatkan efek hall yaitu lapisan tipis semikonduktor yang diberi arus listrik (vs) akan menghasilkan beda potensial (vout) akibat terjadi perubahan medan magnet secara tegak lurus.

Kelebihan/Kekurangan Pengapian Dengan sistem CDI

- Karena tidak ada kontak, maka tidak ada yang akan aus untuk sistem pengapian ini (timeless, wearless)
- karena bukan menggunakan sistem kontak maka tidak akan terpengaruh pada kotoran, embun pagi, dan juga getaran.(pagi2 lebih mudah untuk starter)
- Dapat menggunakan koil racing dengan nilai hambatan yang rendah yang tidak dapat digunakan pada sistem pengapian platina. jika koil/Coil racing digunakan pada platina maka dengan cepat akan menghanguskan platina anda....
- Tidak ada lagi setel menyetel platina atau adjustment karena tanpa kontak sehingga jika settingan awal sudah ok maka sistem cdi akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. sehingga tidak ada lagi tune up rutin selain penggantian busi.

- CDI : Pengapian lebih biru karena memiliki rangkaian op Amp yang menjamin supply arus ke koil maksimal
- CDI : Lebih hijau...karena tidak membutuhkan penggantian yang menimbulkan sampah bekas platina dan kondensor. (http://www.tangomotor.110mb.com/artikel/platina_vs_cdi.htm)
- Umur Pemakaian Lebih lama dibanding mobil yang mempergunakan Sistem Platina + Condensor

Kekurangan/ Kelemahan Penggunaan CDI 


- Kalau Mogok tidak mengenal waktu dan tempat ( Kalau saatnya rusak, Mobil mati dimana dan kapan saja )
- Tidak semua montir mengerti untuk pemasangan CDI ( apalagi sekarang banyak mobil yang mempergunakan CDI Delco Dalam = Didalam Delco/Distributor ) baca juga DELCO FORD LASER
- Kalau dulu CDI  memang harus Asli/Orisinil ( Mahal ), tetapi sekarang banyak produk se kualitas Taiwan ( Saya Sendiri pakai ) yang harganya relatif murah dengan masa pakai lebih dari 3 tahun belum rusak ( Tidak tahu juga ya.... kalau mobil lain yang pakai ). Tetapi meskipun Taiwan tetap lebih mahal daripada Platina Asli 

Tulisan mengenai CDI ini dilatar belakangi oleh pengalaman pribadi yang pernah mengalami gejala kerusakan CDI waktu menempuh perjalanan ke luar kota.

Ciri-Ciri/Tanda Tanda/gejala gejala  CDI DELCO/DISTRIBUTOR RUSAK MULAI BERMASALAH  adalah sbb :

- Gejala awal/ tahap 1 : pada waktu kendaraan berada dalam kecepatan agak tinggi dan kecepatan konstan, terasa ada sedikit  "ndutan ndutan ngendut", kejadian ini tidak menimbulkan mesin mobil mati, kejadian ini akan berlangsung agak lama ( gejalanya hampir mirip dengan  mesin mobil kekurangan supply bahan bakar ROTAX/MEMBRAN/FUEL PUMP/POMPA BENSIN bermasalah)

-  Tahap 2 : Pada waktu kendaraan berada dalam kecepatan agak tinggi, mesin mobil tiba-tiba mati, kendaraan bisa langsung di starter kembali dan kita bisa melanjutkan perjalanan, cuma kurang lebih 3- 5 km mesin mobil mati lagi dan begitu seterusnya.

-  Tahap 3 : Mesin mobil tidak bisa di starter lagi /CDI rusak/mati.

CDI DELCO/DISTRIBUTOR adalah salah satu bagian komponen rangkaian Sistem Pengapian Mobil yang secara garis besar adalah :

- ECU/KOMPUTER MOBIL baca di PERBAIKAN SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL
- DELCO/DISTRIBUTOR MOBIL baca di DISTRIBUTOR/DELCO MOBIL
- KOIL/IGNITION COIL MOBIL baca di TANDA TANDA CIRI CIRI KOIL/IGNITION COIL RUSAK BERMASALAH
- KABEL BUSI MOBIL baca di CARA MERAWAT KABEL BUSI
- BUSI MOBIL baca di INFO BUSI PANAS DAN BUSI DINGIN dan WARNA BUSI DAN MESIN MOBIL
- KABEL KABEL PENGAPIAN ( KABEL BODI/KABEL WIRING )
- HARGA Cdi DELCO DISTRIBUTOR Coil KOIL Mobil
- RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DOHC DAN KARBURATOR
- TANDA TANDA CIRI CIRI IGNITION COIL/KOIL MOBIL RUSAK BERMASALAH
- MESIN MOBIL NDUT NDUTAN NGENDUT TERSENDAT SENDAT PINCANG
- SENSOR DAN ISTILAH PADA MOBIL
- FAKTOR PENYEBAB MESIN MOBIL TIBA TIBA MATI
- RPM DROP TURUN MATI PADA MOBIL KARBURATOR
DELCO TIMOR SOHC DOHC HYUNDAI ATOZ KIA VISTO
Harga CDI Mobil

Penggantian Komponen CDI ( dan Pick Up Set/ Kumparan CDI ) yang terdapat di dalam DELCO/ DISTRIBUTOR bisa hanya CDI nya saja tetapi ada juga yang harus sama DELCO/Distributor nya ASSY/lengkap/ komplit . Untuk mobil kendaraan berjenis/tipe karburator penggantian komponen CDI bisa di beli/di ganti part CDI nya saja tetapi untuk yang kendaraan yang berjenis injection injeksi dohc Efi mayoritas penggantian komponen/part cdi harus dengan del/distributornya lengkap/komplit/assy.

Next search :

- CDI DELCO ASSY/CDI DISTRIBUTOR ASSY
- CDI nya saja

Mudah-mudahan berguna.

Pencarian :

HARGA MERK MEREK CDI DELCO DISTRIBUTOR CDI MOBIL CDI DELCO MOBIL CDI DELKO MOBIL FUNGSI KEGUNAAN HARGA CDI DELCO DISTRIBUTOR CDI DELCO CDI, DISTRIBUTOR DECO MASALAH PERMASALAHAN KELUHAN DI SEKITAR CDI DELCO DISTRIBUTOR MOBIL TIPS CARA MENGATASI MASALAH RANGKAIAN SISTEM PENGAPIAN MOBIL MESIN MOBIL TIDAK BISA HIDUP/TIDAK BISA DI STARTER CARA MENGGANTI MERUBAH PLATINA CONDENSOR MOBIL DENGAN CDI CARA MERAWAT CDI CARA KERJA CDI MOBIL HARGA MERK MEREK CDI DELCO ASSY HARGA MERK MEREK CDI DISTRIBUTOR ASSY LENGKAP KOMPLIT SATU GOJOD HARGA DELCO ASSY DISTRIBUTOR ASSY KOMPLIT LENGKAP PART CDI NYA SAJA PICK UP SET CDI DELCO/DISTRIBUTOR TANDA TANDA CIRI CIRI GEJALA CDI MULAI RUSAK BERMASALAH NGADAT SEBAB PENYEBAB AKIBAT CDI MOBIL RUSAK BERMASALAH NGADAT BAGIAN BAGIAN KOMPONEN CDI DELCO/DISTRIBUTOR ASSY

HARGA CDI DELCO DISTRIBUTOR DELCO CDI ASSY LENGKAP KOMPLIT HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Gets Matrix i10 i20 Santa Fe BIMANTARA Cakra Nenggala , KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Pregio Travello Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio RS SF , TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 - Linx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interplay 1.6 cc Astina 1.8 cc Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000 MOBIL TIMOR MOBIL TIMOR SOHC MOBIL TIMOR DOHC MOBIL TIMOR KARBURATOR MOBIL TIMOR INJECTION

Catatan : Gejala kerusakan mirip dengan kerusakan pompa bensin/rotax/membran dan gejala  coil/koil  yang sudah rusak parah/mati.

Tambahan :

http://hargakomponenmobil.blogspot.com/2014/03/ignition-coil-koil-cdi-mobil.html
http://hargakomponenmobil.blogspot.com/2014/01/harga-komponen-hyundai-kia-timor-mazda.html
http://softwareasrahsrev.blogspot.com/2011/09/mobil-timor-masalah-dan-keluhan-nya.html

TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK LEMAH TIDAK BERFUNGSI BERMASALAH

Anda sedang membaca artikel tentang TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK/BERMASALAH dan anda bisa menemukan artikel TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK/BERMASALAH ini dengan url http://azmot.blogspot.com/2011/02/tanda-tandaciri-ciri-cdi-mobil-mulai.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK/BERMASALAH Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : TANDA TANDA/CIRI CIRI CDI MOBIL MULAI RUSAK/BERMASALAH Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.